Wajib Tahu! Inilah 3 Manfaat ASI Eksklusif Bagi Perkembangan Psikologis Si Kecil

Sambrama - Air susu ibu (ASI) adalah makanan kesatu dan utama pada bayi sebab berisi sekian banyak  zat yang diperlukan bayi. Saking pentingnya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan mempermaklumkan gerakan ASI khusus untuk bayi yang berusia nol sampai enam bulan. Tak melulu baik untuk untuk perkembangan si kecil, ASI nyatanya baik untuk perkembangan psikologis dan mentalnya, lho. Lalu, apa saja manfaat ASI khusus untuk perkembangan mental bayi?

Source: waroengsehat.com

Manfaat ASI eksklusif untuk mental Si Kecil


1. Merangsang perkembangan emosional anak
Anak yang menemukan ASI eksklusif ingin memiliki keterampilan untuk mengendalikan emosinya saat memasuki umur sekolah. Hal ini diperlihatkan dalam riset yang dilaksanakan di Amerika. Dalam riset ini para berpengalaman menuliskan bahwa teori neurohormonal dapat menjadi alasannya.

Teori itu mengungkapkan bahwa kontak antara ibu dan bayi saat pemberian ASI khusus merangsang perkembangan kognitif serta emosionalnya. Dari kontak jasmani selama masa menyusui, ikatan batin antara ibu dan sang buah hati pun akan semakin erat.

Di samping itu, sekitar menyusui bayi, tubuh ibu akan menerbitkan hormon oksitosin yang salah satunya bermanfaat untuk meminimalisir tingkat stres pada ibu sampai-sampai ibu bakal menjadi lebih stabil dalam mendukung tumbuh kembang anak.

2. Merangsang tumbuh kembang sistem saraf
Beberapa bulan pertama kehidupan tidak jarang dikenal dengan sebutan “periode emas” tumbuh kembang sang buah hati, mulai dari fisik, kognitif, sampai psikologis.

ASI ialah makanan terbaik yang bisa menunjang semua urusan tersebut karena berisi sekian banyak  nutrisi yang memang dibutuhkan bayi., laksana protein, lemak, vitamin dan mineral.

Semua nutrisi itu akan menstimulasi perkembangan sistem saraf bayi dengan baik, bahkan urusan ini tak melulu terjadi pada bayi yang lahir lumayan bulan. Perkembangan saraf yang optimal juga dapat didapatkan bayi yang bermunculan prematur dengan teknik pemberian ASI eksklusif.

3. Daya tahan tubuh lebih kuat
Meski tampak tidak terlalu dominan  langsung pada perkembangan mental si kecil, ASI menciptakan anak lebih powerful dan tidak mudah sakit. Hal ini pasti sajamenciptakan sang buah hati lebih tidak sedikit beraktivitas dan bermain bareng teman-temannya.

Bermain bareng teman sebaya, menciptakan perkembangan daya pikir, emosional, serta keterampilan sosialisasi si kecil semakin terasah. Jadi, memang pemberian ASIkhusus sangat baik guna tumbuh kembangnya secara keseluruhan.

Nah, telah jelas sekali bukan mengenai segudang manfaatdan khasiat ASI untuk perkembangan psikologis si kecil? Oleh sebab itu, budayakan untuk selalu merealisasikan ASI khusus selama enam bulan kesatu kehidupan yang bisa diteruskan sampai bayi berusia dua tahun. Di samping baik untuk pertumbuhan fisik, ASI pun sangatberfungsi untuk perkembangan mental si kecil.

Ingat, andai Anda ingin ASI eksklusif, maka kita tidak boleh menyerahkan makanan dan minuman apapun pada bayi sebelum ia berusia 6 bulan, entah itu air putih ataupun madu. Banyak ibu yang masih salah kaprah mengenai prinsip ASI eksklusif. Jika kita ragu, konsultasikan pada dokter anak sebelum memberikannya makanan atau minuman lain pada si bayi.


Baca Juga:

Post a Comment

0 Comments