Perbedaan Orang Pemalu dan yang Punya Fobia Sosial


Sambrama - Hallo Shobat seluruh Gimana Kabarnya nich? Kali ini kami akan menyerahkan informasi mengenai psikologi tentang perbedaan orang pemalu dan yang punya Fobia sosial.

Sifat pemalu dan Fobia sosial tidak jarang dikira sama sebab ditandai dengan kecenderungan menghindari masing-masing situasi yang buat canggung atau gugup. Namun, kedua urusan ini nyatanya sangat bertolak belakang dan bertolak belakang. Apa bedanya? Supaya bukan lagi keliru, simak penjelasannya inilah ini.

Apa bedanya pemalu dan Fobia sosial?
Satu urusan yang paling memisahkan antara pemalu dan Fobia sosial ialah pengertiannya. Pemalu ialah sebuah sifat atau ciri khas yang ditandai kecenderungan merasa canggung, khawatir, cemas, atau gugup sekitar interaksi sosial khususnya dengan orang asing atau yang baru dikenal. Pemalu juga dapat dikatakan sebagai orang yang ingin merasa cemas tentang pandangan orang beda terhadapnya, dan ingin menarik diri dari interaksi sosial.

Sementara itu, Fobia sosial alias social anxiety disorder ialah masalah kejiwaan kronis. Fobia sosial ditandai dengan ketakutan  ekstrem dan kegelisahan di luar batas lumrah yang muncul diakibatkan oleh interaksi sosial sehari-hari.

Malu ialah perasaan atau emosi insan yang lumrah dan bisa datang silih berganti. Contoh simpel dari sifat pemalu ialah rasa canggung atau sungkan yang diperlihatkan oleh anak kecil ketika bertemu dengan orang dewasa yang belum pernah ia temui. Anak kecil ingin akan lebih tidak sedikit diam dan menempel terus pada orangtuanya. Namun sesudah bermain dan mengenal orang itu lebih dalam, anak kecil bakal mulai mengakrabkan diri.

Berbanding terbalik dengan Fobia sosial. Fobia ialah penyakit atau gangguan kejiwaan, yang dinyatakan resmi oleh dunia kedokteran dan psikiatri. Gejala Fobia sosial ingin menetap dan dapat dilangsungkan terus-menerus dalam masa-masa lama.

Hampir masing-masing orang di dunia pasti nyaris pernah merasa malu minimal sekali dalam seumur hidup. Namun, tidak seluruh orang mengidap Fobia sosial. Tidak seluruh orang yang pemalu mengidap Fobia sosial. Seseorang yang punya Fobia sosial pun belum pasti aslinya mempunyai sifat pemalu.

Bedanya orang pemalu dan yang punya Fobia sosial
Di samping dari pengertian dan pengertiannya, berikut sejumlah perbedaan lebih lanjut antara sifat pemalu dan Fobia sosial:
  1. Rasa malu ialah emosi, sifat, atau insting alami manusia. Gangguan kegelisahan sosial ialah kondisi kejiwaan seseorang yang terganggu. Artinya, Fobia sosial tidak wajar.
  2. Orang pemalu seringkali lebih pemilih, tetapi tetap inginkan ikut serta dalam pekerjaan sosial. Sementara orang dengan Fobia akan berjuang keras guna menghindari segala macam pekerjaan yang melibatkan tidak sedikit orang.
  3. Gangguan kegelisahan sosial bisa menimbulkan sekian banyak  emosi negatif, laksana rasa fobia dan khawatir berlebihan. Pikiran negatif ini bakal terus membayangi mereka lebih lama, bahkan hingga berminggu-minggu. Sementara, orang yang pemalu tidak tidak jarang kali berpikiran negatif.
  4. Gejala gangguan kegelisahan sosial paling menganggu kehidupan sehari-hari. Bahkan guna sekadar berkata pada kasir di toko swalayan saja paling sulit sehingga perlu perawatan medis dari dokter. Sementara orang yang pemalu melulu menunjukkan sifatnya pada kondisi tertentu, bisa mereda sendiri dan dikendalikan, pun dapat dihilangkan dengan membangun keyakinan diri.


Demikian tadi Artikel Perbedaan Orang Pemalu dan yang Punya Fobia Sosial, semoga bermanfaat untuk Anda. Dan Silahkan Share tulisan ini ke Sahabat serta Saudara kamu dan nantikan Update tulisan kami berikutnya… See U Next time..

Post a Comment

0 Comments