Menghentikan Anak yang Suka Berbohong, Ini Tips Yang Wajib Dibaca!

Source: eunikefamily.org

Menghentikan Anak yang Suka Berbohong, Ini Tips Yang Wajib Dibaca!- Ada banyak dalil yang menciptakan anak berbohong. Fase ini lumrah terjadi sekitar masa tumbuh kembangnya, namun bukan berarti kita jadi tidak mempedulikan anak suka berbohong. Tanpa didikan yang tepat, berdusta bisa menjadi kelaziman buruk yang bakal terus melekat sampai ia beranjak dewasa.

Berbohong adalah perilaku buruk yang usahakan dihindari oleh anak-anak. Berbohong juga ingin akan mencelakakan anak pada perilaku buruk lainnya. Lantas, bagaimana orangtua mesti menyikapi anak yang suka berbohong?

Tips jitu menghentikan kelaziman anak suka berbohong:

1. Mulai dari diri sendiri
Pernah mendengar peribahasa berbunyi “Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”? Peribahasa ini sedikit menggambarkan bagaimana anak bertumbuh kembang di bawah pemantauan orangtua.

Ana kecil bakal belajar dengan meniru apa yang dilaksanakan orangtuanya sebagai orang terdekat mereka. Maka andai orangtua terbiasa berbicara jujur di rumah, anak pun lama-lama bakal mengikuti kelaziman tersebut.

Jadi, walau Anda sebelumnya barangkali suka berdusta demi kebajikan (white lies), usahakan hentikan kelaziman ini di depan anak sebab apa juga alasannya bohong tetaplah perilaku buruk yang tidak layak dicontoh.

Jadilah panutan yang baik untuk buah hati Anda.

2. Jelaskan bedanya kejujuran dan kebohongan
Anak-anak belum paham betul apa yang dimaksud dengan berbicara jujur sebab mereka masih suka memakai imajinasinya guna bercerita. Supaya si kecil tahu mana yang nyata dan tidak, kita perlu menyatakan perbedaan antara kejujuran dengan kebohongan.

Bantu anak kita untuk menunjukkan imajinasinya supaya ia dapat membedakan apakah kisah itu ialah harapan atau kenyataan. Sementara tersebut beri tahu anak bahwa berbohong ialah perilaku buruk yang tidak patut dilakukan. Terutama untuk mengelak dari hukuman.

3. Beri hadiah andai ia berbicara jujur
Setelah menjadi misal yang baik dan menyatakan tentang buruknya berbicara bohong, kini waktunya untuk merundingkan konsekuensi dari berdusta dalam kehidupan sehari-hari.

Tegaskan kebiasaan berdusta bisa menciptakan orang beda jadi tidak meyakini mereka pun membuat ia jadi tidak disukai.

Untuk mulai membudayakan anak berbicara jujur, Anda dapat ajak anak Anda guna bicara cocok dengan keadaannya. Buat ketentuan berupa hukuman andai anak ketahuan berbohong. Kemudian, guna mendorong anak untuk berbicara jujur beri apresiasi berupa pujian atau pun hadiah.

Demikian Artikel ini Semoga bermanfaat...

Post a Comment

0 Comments