Wajib Anda Tahu! Inilah Definisi Kepribadian dalam Ilmu Psikologi - Sambrama



Hallo Sobat Sambrama... Apa Kabar Semua? Sehat Semua ya... 
Kali ini Sambrama akan membahas mengenai definisi kepribadian dalam ilmu psikologi dan anda semua harus membacanya sebagai tambahan ilmu pengetahuan. dibaca sama-sama yuk....

Kepribadian ialah salah satu bahasan  yang unik dalam kajian psikologi. Sebagai ilmu yang berjuang memahami insan secara utuh, maka pengertian kepribadian pribadi mempunyai peran yang paling penting.

Definisi Kepribadian Dalam Ilmu Psikologi
Kepribadian atau dalam bahasa Inggris dinamakan sebagai personality, berasal dari bahasa Yunani Kuno yakni "prosopon " yang dengan kata lain topeng.
Topeng disini dimaksudkan sebagai bagaimana pribadi menampilkan diri sehingga menyusun kesan tentang diri yang diharapkan untuk dapat diciduk oleh lingkungan sosial.

Penggunaan kata jati diri seringkali disama artikan dengan sejumlah kata lain, laksana watak, karakter, atau temperamen. Namun, ucapan-ucapan tersebut mempunyai makna yang berbeda bilamana dibawa dalam kajian psikologi. Antara lain:
  • Kepribadian, gambaran tentang tingkah laku secara deskriptif tanpa memberi nilai.
  • Karakter, penggambaran tingkah laku dengan menonjolkan nilai secara gamblang maupun implisit, laksana benar salah dan baik buruk.
  • Watak, karakter yang sudah lama dimilikidan sampai kini belum berubah.
  • Temperamen, jati diri yang sehubungan erat dengan determinan biologis dan fisiologis serta sehubungan dengna hereditas.
  • Sifat, respon yang senada terhadap sekelompok stimuli yang serupa dan dilangsungkan dalam kurun masa-masa yang relatif lama.


Ciri Utama Definisi Kepribadian
Dari sejumlah keserupaan pengertian dari pelbagai kata tersebut. Maka secara umum, pengertian kepribadian mempunyai lima ciri utama dalam deskripsinya yang dirangkum dari sejumlah pengertian semua ahli, yaitu:
  • Kepribadian mempunyai sifat umum. jati diri menunjuk pada sifat umum pribadi (pikiran, perasaan, dan tingkah laku) yang dominan secara sistemik terhadap borongan tingkah laku individu.
  • Kepribadian mempunyai sifat khas. Kepribadian digunakan untuk menyatakan sifat pribadi yang memisahkan dirinya dengan orang lain.
  • Kepribadian berjangka lama. Kepribadian digunakan untuk mencerminkan sifat pribadi yang tahan lama dan tidak gampang berubah sepanjang hayat. Perubahan bisa terjadi secara bertahap dampak respon terhadap sebuah kejadian yang luar biasa.
  • Kepribadian mempunyai sifat kesatuan. Kepribadian memandang diri sebagai sebuah unit tunggal, struktur dan organisasi internal hipoteteki yang menyusun kesatuan dan konsistensi
  • Kepribadian bisa bermanfaat baik dan buruk. kepribadian di anggap sebagai teknik bagaimana orang sedang di dunia, terdapat yang tampil dengan individu yang kuat, tetapi ada pun yang tampil sebagai individu yang rapuh.
Demikian lah Artikel kami tentang "Wajib Anda Tahu! Inilah Definisi Kepribadian dalam Ilmu Psikologi" ini, Semoga bermanfaat bagi anda semua dan silahkan kirim masukan anda dan apabila artikel anda ingin dimuat di blog kami ini silahkan hubungi kami melalui contact.  Salam...


Post a Comment

0 Comments