Tips Menghadapi UN (Ujian Nasional)



Tips Menghadapi UN (Ujian Nasional) -UN atau “Ujian Nasional” ungkapan ini menjadi suatu mimpi buruk yang menakutkan untuk banyak pihak, baik dari pemerintah, guru, orang tua dan pasti saja untuk siswa tersebut sendiri yang bakal menjalani tes Ujian Nasional. Maksud dan destinasi Ujian Nasional ialah untuk mengukur tingkat keterampilan siswa dibidang kognitif siswa sekitar belajar dengan standar nasional.

Menjelang Ujian Nasional, sekian banyak  persiapan mesti dilaksanakan oleh semua siswa ruang belajar akhir dari sekian banyak  tingkatan mulai tingkat SD/MI ( Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah ), SLTP/MTs ( Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama dan Madrasah Tsanawiyah ) dan pun SLTA / MA ( Sekolah Lanjutan Tingkat Atas dan Madrasah Aliyah ). Persiapan yang mesti dilaksanakan mulai mental, kesehatan dan keterampilan otak supaya dalam pengamalan Ujian Nasional nanti bisa sukses secara maksimal cocok dengan diharapkan.

Pada peluang kali ini saya bakal sedikit menyerahkan Tips Menghadapi Ujian Nasional. Dengan asa teman-teman dapat menghadapi ujian nasional dengan hasil terbaik.

Berikut tidak banyak Tips Menghadapi UN (Ujian Nasional):

1. Persiapan Awal yang Matang

Bawalah seluruh alat tulis yang anda butuhkan, laksana pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini bakal membantumu guna tetap fokus selama menggarap ujian.

2. Tetap Tenang dan percaya diri

Yakinkan pada diri anda bahwa anda sudah siap sedia dan akan menggarap ujian dengan baik. Karena percaya diri adalahpoin urgen dari di antara kesiapan dalam ujian nasional. Tanpa adanya keyakinan diri terkadang benak kita dapat blank hilang konsentrasi. Caranya dapat dengan duduk yang tenang, santai, rileks.

3. Baca, Cermati kemudian Pahami baru menggarap soal

Tips dan  cara untuk menghadapi UN (ujian nasional) yang ini paling penting adalah luangkan 10% dari seluruh waktu ujian untuk menyimak soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang dibutuhkan untuk menjawab setiap soal. Rencanakan untuk menggarap soal yang gampang dulu, baru soal yang tersulit. Ketika anda membaca soal-soal, catat pun ide-ide yang hadir yang akan dipakai sebagai jawaban.

4. Hati-hari dalam memenuhi Lembar Jawaban Komputer (LJK)

Dalam memenuhi Lembar Jawab Komputer (LJK) usahakan hati-hati, tidak boleh sampai basah, terlipat dan selalu mengawal LJK dari minyak, andai hal ini terjadi yang ditakutkan ialah tidak mesin scanner tidak bisa mendeteksi jawaban anda. Tentunya urusan ini paling fatal.

5. Sisihkan 10% waktumu untuk mengecek ulang jawabanmu.

Periksa jawabanmu; hindari kemauan untuk segera meninggalkan ruang belajar segera setelah anda menjawab seluruh soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa anda telah menuntaskan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk mengecek ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Bagi jawaban matematika, cek bila terdapat kecerobohan (misalnya salah menempatkan desimal). Bandingkan jawaban matematikamu yang sebetulnya dengan penghitungan ringkas.

6. Awali dan Akhiri dengan berdoa

Sebelum anda mulai menggarap dan setelah mengerjakan tidak boleh lupa berdoa untuk Tuhan supaya diberikan hasil yang baik. Kita hanya dapat berusaha, Tuhan yang menilai. Tuhan senantiasa akan menyaksikan kesungguhan usaha kita. Tuhan juga akan menyaksikan kesungguhan hambaNya untuk mengerjakan suatu usaha andai hambaNya mengiringi usahanya itu dengan berdoa.

Jika Anda sukses lulus Ujian, Selamat! Jika tidak cocok apa yang kita harapkan, Ingat bahwa ini bukanlah akhir dari hidup Anda.  Jika ada peluang mengulang, tingkatkan usaha dan keterampilan Anda!

Mudah-mudahan tips menghadapi ujian nasional diatas bermanfaat. Semoga sukses…..
                                                                       

Post a Comment

0 Comments