Psychology Learnings: Pengertian Psikologi Pendidikan



Psikologi Pendidikan ialah ilmu yang mempelajari bagaimana insan belajar dalam edukasi pengaturan, efektivitas intervensi pendidikan, psikologi pengajaran, dan psikologi sosial dari sekolah sebagai organisasi. Psikologi pendidikan sehubungan dengan bagaimana murid belajar dan berkembang, dan tidak jarang terfokus pada sub kumpulan seperti berbakat anak-anak dan mereka yang tunduk pada khusus difabel .

Berdasarkan keterangan dari Muhibin Syah (2002), definisi psikologi pendidikan ialah sebuah disiplin psikologi yang menginvestigasi masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan. Sedangkan menurut keterangan dari  ensiklopedia amerika, Pengertian psikologi pendidikan ialah ilmu yang lebih berprinsip dalam proses pengajaran yang tercebur dengan penemuan – penemuan dan merealisasikan prinsip – prinsip dan teknik untuk menambah keefisien di dalam pendidikan.

Pengertian Psikologi Pendidikan


Sedangkan menurut keterangan dari  Witherington, Pengertian Psikologi pendidikan ialah  studi sistematis mengenai proses-proses dan faktor-faktor yang bersangkutan dengan edukasi manusia.

Dikatakan oleh Tardif (Syah, 1997: 13) bahwa Pengertian Psikologi Pendidikan ialah sebuah bidang studi yang bersangkutan dengan penerapan pengetahuan mengenai perilaku insan untuk usaha-usaha kependidikan.

Dari sejumlah pendapat mengenai psikologi pendidikan, kami mengambil benang merah bahwa Pengertian Psikologi Pendidikan ialah ilmu yang mempelajari  mengenai perilaku insan di dalam dunia edukasi yang mencakup  studi sistematis mengenai proses-proses dan faktor-faktor yang bersangkutan dengan pendidikan insan yang tujuannya guna mengembangkan dan menambah keefisien di dalam pendidikan.

Post a Comment

0 Comments