Jiwa yang Tidak Tenang, Berikut 12 Cara Mengatasinya!


Jiwa yang Tidak Tenang, Berikut 12 Cara Mengatasinya! -Apakah Sobat merasa stres atau tidak bahagia? Apakah Sobat hendak menenangkan diri Sobat? Tidak susah untuk berlatih mendinginkan pikiran Sobat, dan pelajaran tersebut dapat membantu Sobat merasa lebih baik dan siap kapan saja. Bila Sobat menemukan teknik yang cocok, kerjakan dan latihlah dengan sering. Berikut ini ialah beberapa gagasan yang patut dicoba supaya Sobat dapat merasa tenang atau rileks lebih cepat dan mudah. 12 Cara Mengatasi Jiwa yang Tidak Tenang.

1. Lakukan pelajaran napas dalam.

Meskipun mungkin gagasan ini tersiar klise, berlatih napas dalam mempunyai efek yang paling baik untuk mendinginkan pikiran Sobat. Latihlah masing-masing hari dan kerjakan pada ketika stres untuk menolong menenangkan kegelisahan Sobat. 

2. Berlatih meditasi.

Meditasi ini ialah proses mengosongkan benak sobat dengan memusatkan pada sesuatu yang spesifik, tempat, kalimat, warna, dsb. Mulailah dengan duduk (berlutut atau berbaring) dengan posisi yang nyaman dan pusatkan benak (atau berdoa) mengenai sesuatu yang spesifik. Mungkin Sobat akan perlu waktu lebih dari sepuluh menit untuk benar-benar mengosongkan benak Sobat, tapi tersebut normal. 

3. Cobalah bervisualisasi.

Hampir sama dengan khayalan terbimbing dalam meditasi, dimana Sobat menginginkan suasana yang damai. Bayangkan keadaan tersebut dalam benak Sobat sekitar yang Sobat suka, namun fokuskan semua benak dan energi ketika mem-visualisasi lokasi ini dalam benak Sobat. 

4. Lakukan relaksasi otot secara progresif.

Proses ini dilaksanakan dengan menegangkan terlebih dahulu lantas merelaksasi seluruh otot di badan Sobat. Merelaksasi otot sesudah menegangkanya mengubah suasana psikis Sobat, serta menolong pikiran dan badan Sobat merasa tenang. 

5. Berlatih yoga.

Yoga ialah salah satu jenis pelajaran peregangan otot dengan resiko rendah yang menolong menenangkan otot-otot di tubuh Sobat. Oleh sebab Sobat mesti konsentrasi pada masing-masing posisi yoga, tidak bakal ada ruang untuk merenungi penyebab stres dan ‘memaksa’ benak Sobat kedalam ketenangan. 

Akan lebih baik andai memulai yoga dengan mengekor salah satu kelas. Kelas yoga disusun untuk membuat lingkungan yang tenang, meskipun barangkali terdapat tidak sedikit individu yang hadir. 
Carilah instruktur lokal atau ruang belajar yoga di gym terdekat.

Hatha yoga ialah jenis yoga sangat dasar dan paling bagus untuk relaksasi. Carilah posisi hatha yoga yang dapat Sobat jajaki sendiri di rumah.

Hindari yoga bila Sobat mempunyai masalah jasmani seperti hernia, osteoporosis, atau bila Sobat mempunyai resiko mengalami kesemutan.

6. Minum banyak air.

Air urgen untuk menjaga keperluan cairan badan Sobat dan mencuci racun, yang menolong pikiran Sobat untuk konsentrasi lebih baik. Bagi membantu pelajaran relaksasi yang lain, minumlah banyak air.

7. Makan makanan yang menunjang relaksasi.

Makanan tertentu menolong menurunkan hormon yang bersangkutan memunculkan kecemasan, dan secara simultan menambah hormon yang bermanfaat memproduksi “rasa bahagia dan tenang”.

Makanan tinggi selenium menolong menurunkan kegelisahan dan depresi, misalnya kacang-kacangan (terutama kacang Brazil), jamur shitake, tuna, minyak ikan, atau salmon.

Makan makanan yang mempunyai kadar zat besi tinggi, laksana bayam, biji labu, dan ikan halibut.
Carilah makanan dengan kadar triptofan tinggi sebab dapat menolong memproduksi serotonin yang menambah “rasa bahagia”. Cobalah coklat hitam, kacang, dan daging merah.

8. Latihan dengan cukup.

Latihan bermanfaat melepaskan endorfin, yang bisa memproduksi “rasa bahagia”. Cobalah melakukan pelajaran kecil masing-masing hari untuk menolong menenangkan benak Sobat sesudah berurusan dengan jadwal yang teramat padat dan menciptakan stres.

Latihan di lokasi yang tenang dan memungkinkan Sobat untuk sendiri. Bila Sobat berlatih di gym, carilah lokasi atau kamar yang sangat tenang, sampai-sampai Sobat tidak terganggu dengan benak atau hal di dekat Sobat.

Cobalah mengikuti pelajaran rutin yang tidak menyita benak Sobat. Contohnya berenang atau berlari.

9. Berpartisipasi dalam kegiatan kesayangan Sobat.

Jika Sobat suka memasak, membaca, atau berolahraga, lakukanlah! Melakukan sesuatu yang Sobat sukai menolong Sobat untuk mencuci rasa khawatir dalam benak Sobat, dan secara bersamaan mencungkil lebih tidak sedikit endorfin yang memunculkan rasa bahagia.

10. Isilah pekerjaan Sobat dengan kegiatan rutin yang tidak menyita pikiran.

Dengan menggarap suatu kegiatan tanpa butuh Sobat untuk konsentrasi dapat menolong menenangkan benak Sobat.

Cobalah menggambar sembarang gambar atau menggambar sebuah gambar abstrak. Sobat bakal “dipaksa” konsentrasi untuk melukis, sampai-sampai tidak memikirkan mengenai penyebab stres dalam hidup Sobat.

Mengerjakan tugas lokasi tinggal (dengan gerakan berulang) dapat memprovokasi relaksasi. Cobalah untuk mencukur dedaunan, menyapu lantai, atau melipat pakaian.

Jika Sobat bisa, Sobat bisa pula melakukan kegiatan seperti menciptakan kalung atau merajut.
Hindari kegiatan yang memerlukan tidak sedikit gerakan atau yang merepotkan, sebab dapat memprovokasi peningkatan stres.

11. Dengarkan musik yang menenangkan.

Walaupun Sobat barangkali suka musik rock, hardcore atau rap, carilah yang agak lembut/tenang, irama yang tenang menolong menenangkan benak Sobat.

Hindari musik dengan instrumen yang berat/kuat atau dengan vokal yang keras, sebab akan menciptakan Sobat susah untuk tenang ketika mendengarkannya. Kadang-kadang, lebih baik untuk memperhatikan musik tanpa vokal.

Di samping musik, Sobat pun dapat memperhatikan suara alam dan ‘white noise’ yang dirancang untuk menolong individu supaya rileks. Carilah “suara laut atau hutan”, atau carilah misal dari ‘white noise’ untuk Sobat coba.

’Binaural beats’ (irama binaural) ialah jenis musik atau suara eksklusif yang menghasilkan gelombang alfa dengan tingkat lebih tinggi dalam benak Sobat, yang menolong sobat untuk tenang. Carilah versi cuma-cuma dari ‘binaural beats’ di internet atau melewati situs streaming musik kesayangan Sobat.[8]

Cobalah dengarkan musik dengan duplikasi yang tidak jarang di dalamnya dan tidak ada terlalu tidak sedikit vokal. Banyak jenis musik laksana ini laksana house, trance, trap, dan trip-hop.

Musik klasik selalu dapat menjadi pilihan. Sebagian musik klasik barangkali terdengar intens khususnya musik simfoni yang diciptakan pada abad ke-20 laksana Shostakovitch. Sementara itu, untuk bersantai, usahakan dengarkan irama perangkat musik tunggal atau ansambel musik yang lebih kecil laksana musik dari periode Baroque dan Klasik (misalnya Bach, Beethoven, Mozart, Vivaldi).

12. Meluangkan waktu untuk sendiri.

Seringkali individu-individu di dekat kita ialah penyebab kecemasan/stres yang anda alami, sehingga urusan itu dapat menjadi dalil untuk menyediakan waktu dengan melulu Sobat sendiri.

Carilah masa-masa diluar kerja untuk beristirahat dan menyendiri. Cobalah menyediakan akhir minggu ke kota selama atau lokasi wisata alam dimana Sobat bisa mempunyai waktu untuk berpikir.


Batalkan rencana dengan rekan bila Sobat terlampau kewalahan dengan jadwal yang terlampau padat. Adalah hal urgen untuk menyediakan waktu untuk diri Sobat sendiri sebelum berbagi dengan yang lain.

Carilah waktu untuk “jauh” dari keluarga. Tidak peduli seberapa cintanya Sobat pada mereka, setiap pribadi perlu tidak banyak waktu untuk “jauh” dari keluarga agar tetap dapat mengawal pikiran yang sehat.


Semoga bermanfaat, hingga jumpa di tulisan berikutnya, terima kasih.

Post a Comment

0 Comments